Seremonial

Belum Optimal, Walikota Minta Perangkat Daerah Berinovasi dan Tingkatkan Kinerja

…seperti optimalkan penyerapan anggaran, segera lakukan langkah-langkah pro-aktif mencari inovasi untuk mengoptimalkan penerimaan PAD, juga lebih pro-aktif untuk mengoptimalkan kinerja termasuk di dalamnya pelayanan yang baik dan memadai dan mengoptimalkan penagihan PBB-P2.

Jimmy Feidie Eman, Walikota Tomohon

TOMOHON, beritanusantara.id – 2017, merupakan tahun pelayanan pembangunan, pemerintahan, sosial kemasyarakatan, diwarnai dengan beberapa agenda penting yang telah dilaksanakan, baik berkala regional maupun international, seperti TIFF (Tomohon International Flower Festival) yang dapat dikatakan sukses. Itu dapat dilaksanakan berkat dukungan dari berbagai pihak.
Hal ini dikatakan Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman saat memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Keuangan Daerah Pemerintah Kota Tomohon di rumah dinas walikota, Selasa 12 September 2017.
“Berkaitan dengan apa yang telah saya utarakan di atas, tentunya kita juga telah melaksanakan kegiatan rutinitas dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Lebih dari pada itu beberapa waktu yang lalu juga telah dilaksanakan pembukaan/peresmian kantor pelayanan publik secara terpadu berpusat di ex kantor walikota yang nantinya akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti sarana tempat bermain anak-anak, direncanakan juga pengadaan sarana transportasi bagi masyarakat yang mebutuhkan dan lain-lain. Program yang dikembangkan saat ini termasuk program unggulan Tomohon Periode 2016-2021 yaitu Dedicated EMAS (e-government, merubah wajah kota, akselerasi pembangunan dan smart city service),” paparnya.

BACA JUGA: 

Walikota Tantang ASN Lahirkan Ide Kreatif dan Inovatif

Walikota Tomohon, Jimmy8 Feidie Eman memimpin Rakorev Keuangan Daerah, Selasa 12 September 2017 di rumah dinas walikota. Tampil sebagai narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon ini, Ketua DPRD Kota Tomohon, Miky Junita Wenur, Wakapolres Tomohon, Kompol I Made Palguna mewakili Kapolres Tomohon dan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olive Atteng.

BELUM OPTIMAL
Berdasarkan laporan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tomohon, menurut Jimmy, ternyata apa yang dicapai bersama belum optimal. Oleh sebab itu dirinya perlu menegaskan tentang beberapa hal penting, seperti optimalkan penyerapan anggaran, segera lakukan langkah-langkah pro-aktif mencari inovasi untuk mengoptimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga lebih pro-aktif untuk mengoptimalkan kinerja termasuk di dalamnya pelayanan yang baik dan memadai dan mengoptimalkan penagihan PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan).
Tampil sebagai narasumber, Ketua DPRD Kota Tomohon, Miky Junita Linda Wenur menjelaskan tentang fungsi dan peran DPRD dalam peningkatan PAD Kota Tomohon. DPRD mempunyai fungsi untuk pembentukan Perda (Peraturan Daerah), anggaran dan pengawasan. Salah satu contoh konkrit, yaitu penandatanganan kesepakatan bersama Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah), pembahasan terhadap capaian target PAD, studi banding dan lain-lain.

BACA JUGA: 

Hingga Agustus 2017 Realisasi Anggaran Rp 332,2 M

“Meningkatkan PAD adalah komitmen bersama bagi seluruh komponen. Perlu keseriusan dari semua pihak baik legistlatif maupun eksekutif. Itu semua untuk kemajuan Kota Tomohon yang kita cintai bersama,” katanya.

BACA JUGA: 

Hingga 29 Agustus 2017, Realisasi PBB P2 Rp 1,3 Miliar

Narasumber lain pada kegiatan tersebut, Wakapolres Tomohon, Kompol I Made Palguna mewakili Kapolres Tomohon dan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olive Atteng.
Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon, Gerardus ‘Herry’ Mogi selaku Pejabat Pengelola Keuangan (PPK) Daerah, Bendahara Umum Daerah (BUD) dan Pejabat Penatausahaan Barang Milik Daerah (PPBMD) dalam laporannya menjabarkan laporan realisasi anggaran hingga Juli 2017 serta capaian penerimaan PAD di setiap Perangkat Daerah.

BACA JUGA: 

MenPANRB: PNS Tak Boleh Bermental Penguasa

Reporter: Brigita Monica
Redaktur: Donny Turang

This post has already been read 219 times!

Tinggalkan Balasan