Lingkungan

Pemkab Kerahkan Tiga Alat Ekscavator Bersihkan Eceng Gondok

Minahasa, beritanusantara.id – Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS), Jumat pagi tadi (8/9/2017), memantau pengangkatan eceng gondok di Daerah Aliran Sungai  Tondano, di Kelurahan Tolour dan Kelurahan Liningaan, Kecamatan Tondano Timur.

Di Kelurahan Tolour dan Liningaan, Pemkab Minahasa menurunkan masing-masing satu buah excafator untuk mengangkat ribuan ton eceng gondok yang sejak sebulan terakhir menutupi DAS Tondano, yang berakibat terganggunya aktifitas para nelayan mencari ikan di Danau Tondano.

“Secara keseluruhan ada tiga ekskavator yang diturunkan untuk mengangkat eceng gondok. Targetnya tiga bulan kedepan, DAS Tondano bersih dari eceng gondok,” ujar Jantje.

Dijelaskannya, pengangkatan eceng gondok juga dilakukan di sejumlah zona lainnya di danau Tondano. ” Hanya memang ada sejumlah warga yang menolak eceng gondok diwilayahnya diangkat, karena diklaim akan mengganggu ikan yang dipelihara. Jadi solusinya kita buat zonasi, daerah mana yang masyarakatnya tidak menolak dan kita angkat, sehingga secara umum tidak mengganggu aktifitas nelayan lainnya,” tuturnya.

Lanjut ungkap bupati, dengan dibuat zonasi maka para nelayan bisa leluasa masuk dan keluar dengan perahu saat mencari ikan di danau tanpa terhalangi eceng gondok. Bupati juga memerintahkan Kaban Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa  Alva Montong, untuk segara bersama warga setempat membuat Zonasi dengan menyiapkan bahan bambu yang akan di gunakan. Bupati juga menargetkan tiga bulan kedepan hampir seluruh aliran sungai Tondano akan bebas dari eceng gondok tersebut.

Reporter : Jeffree Uno

Redaktur : J.R Montolalu

This post has already been read 23 times!

Tinggalkan Balasan